Friday, August 28, 2009

3 Macam Tauhid

Uluhiyah:
Mengesakan Allah dalam peribadatan dengan menjadikan Allah sebagai satu-satunya Dzat yang disembah. Seperti sujud kepada Allah, ruku’ kepada Allah, berdoa kepada Allah, berthawaf kepada Allah, berkurban/menyembelih binatang karena Allah, takut/cinta/harap/ hanya kepada Allah.

Rububiyah:
Mengesakan Allah dalam arti penciptaan dengan menjadikan Allah sebagai satu-satunya Dzat yang mencipta, mengatur, memberi segala-galanya. Seperti meyakini bahwa Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi, menjaga laut dan samudera, mengokohkan gunung dan bukit-bukit, menghidupkan dan mematikan, serta memberi rizki atau menyempitkan rizki.

Asma wa Shifat:
MENETAPKAN semua Nama-Nama yang Allah dan Rasul-Nya tetapkan juga menetapkan semua Sifat-Sifat yang Allah dan Rasul-Nya tetapkan. Seperti meyakini bahwa Allah memiliki nama ar-Rahman, ash-Shobar, dll ; menyakini bahwa Allah bersemayam di atas Arsy (Langit Ketujuh), turun ke langit dunia di sepertiga malam, menciptakan Adam dengan Kedua Tangan-Nya, atau menampakkan Wajah-Nya di Surga kelak. Ingat, semua Nama dan Sifat Allah ini adalah sesuai dengan keagungan dan kebesaran Allah.
SERTA MENOLAK semua Nama dan Sifat yang tidak Allah dan Rasul-Nya tetapkan. Seperti menyebut Allah sebagai Gusti, Pangeran, Romo, Bapa, (semua julukan-julukan itu adalah keliru karena tidak pernah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya) atau meyakini bahwa Allah ada di mana-mana.

Demikianlah. Semoga bermanfaat. Wallahu ‘alam

No comments:

Post a Comment